Sistem Antrian VS Sistem Reservasi bagi Layanan Kesehatan

Dalam pemanfaatan fasilitas publik dikenal dua sistem yaitu: Sistem Antrian dan Sistem Reservasi. Keduanya befungsi untuk mengatur cara publik menggunakan fasilitas secara bersama-sama dan teratur.

Apa perbedaan dari keduanya dan apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem bagi pelayanan kesehatan?

reservations2Sistem Antrian atau dikenal dengan Queueing System. “Queue” menurut kamus Webster Dictionary artinya “menunggu berbaris“. Sedangkan Sistem Reservasi diambil dari kata “reserve” yang artinya “menyediakan atau meluangkan waktu atau tempat di masa datang“. Sistem Antrian banyak digunakan di fasilitas publik seperti bank, toilet umum, pembelian tiket bis, dan restoran cepat saji. Sedangkan Sistem Reservasi lebih digunakan di rumah sakit, pembelian tiket pesawat, dan penyewaan gedung.

queue-1qcl52gKelebihan dari Sistem Antrian adalah sistem yang lebih sederhana karena tidak perlu mengelola jadwal reservasi dan tidak memikirkan pembatalan janji pasien. Sedangkan kelemahannya adalah pasien perlu mengantri dari saat ketibaan sampai waktunya bertemu dengan dokter. Dan waktu menunggu ini akan semakin lama jika antrian semakin panjang. Selain itu kelemahan dari sistem ini adalah pasien tidak dapat meminta penjadwalan untuk waktu di masa depan. Antrian hanyalah untuk jadwal di hari tersebut.

Sedangkan di sisi lain, Sistem Reservasi memberikan waktu yang lebih fleksibel bagi pasien, dan tidak perlu mengantri dan menunggu lama dari saat ketibaannya. Pasien juga dapat melakukan reservasi untuk jadwal pertemuan di masa depan. Dengan aplikasi yang menunjang, Sistem Reservasi ini dapat ditangani dengan efisien. Salah satu mekanismenya seperti: SMS konfirmasi dan pengingat yang diketahui dapat menurunkan ketidak-hadiran atau istilahnya “no-show” pasien sampai dengan 50%.

Namun demikian masih banyak layanan kesehatan yang menggunakan Sistem Antrian seperti di bank. Walaupun layanan bank dan layanan kesehatan sama-sama termasuk pada kategori “human servers” (manusia sebagai penyedia layanan), tetapi layanan bank menggunakan Sistem Antrian dan kesehatan menggunakan Sistem Reservasi? (lihat Table. I)category-resource-sharing

Hal yang mendasar dikarenakan Sistem Antrian hanya dapat mendukung kebutuhan mendesak / “urgent” ataupun tiba-tiba dan tak terprediksi. Selain itu sistem ini juga tidak dapat melayani permintaan jadwal layanan di muka.

Walau demikian, Sistem Antrian tetap dibutuhkan di sebagian besar alurĀ  fasilitas layanan kesehatan seperti mengantri untuk diagnosa lab, mengambil obat di apotik, atau melakukan pembayaran. Namun untuk hal-hal yang dapat diprediksi, seperti pertemuan dengan dokter yang sifatnya tidak “urgent“, misalnya: pemeriksaan kehamilan, follow-up ortodonti, imuniasi anak, pemeriksaan CT Scan, pasien seharusnya tidak perlu mengantri untuk hal-hal seperti ini.

Reff: “On Reservation Systems and Queuing Systems” by Mark E. McGinley, XiangFei Zhu, and Malathi Veeraraghavan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>